Pemasaran bisnis melalui sosial media telah berkembang menjadi lebih canggih. Banyak bisnis-bisnis kecil yang memanfaatkan jasa internet khususnya sosial media web untuk membuat sebuah komunitas kemudian memasarkan produk mereka, namun mereka tidak mengetahui langkah selanjutnya.
Berikut ini adalah 5 tips strategi lanjutan bagi usaha kecil yang sudah memiliki komunitas di sosial media web, dan tidak mengetahui langkah selanjutnya.
Yang perlu kita ketahui tentang strategi bisnis ini:
Definisi strategi sosial yang maju adalah teknik yang melampaui kehadiran media sosial yang normal. Memperkenalkan atau memperkuat pesan pemasaran sambil mendorong pengguna ke profil lain atau situs bisnis. Sebelum bergerak maju dengan strategi yang maju, penting bagi kita memahami bisnis pemasaran sosial, memiliki pengalaman menarik konsumen, dan bahwa kita memiliki pemahaman dasar pemasaran online.
Langkah 1. Penggunaan Multimedia
Pernah ada suatu quote: ”Sebuah gambar menjelaskan pengertian ribuan kata.” Konsumen saat ini, lebih menginginkan melihat barangnya terlebih dahulu, daripada membaca ribuan kata yang telah kita buat untuk produk yang kita jual. Konsumen lebih tertarik untuk mencari informasi mengenai gambar atau video dari produk yang kita jual, kemudian mereka akan mempertimbangkan untuk membeli. Kabar baik untuk perusahaan, sangatlah mudah untuk menciptakan dan mempublikasikan produk dalam bentuk video dan gambar.
Selain itu, kita juga dapat mengambil gambar pada acara kantor sebagai bagian untuk memperlihatkan budaya perusahaan. Hal ini bukan hanya membantu meyakinkan konsumen kita agar membeli produk kita, tetapi lebih menunjukkan bahwa perusahaan kita rendah diri dan menghargai konsumen.
Video sangat berguna untuk menjelaskan deskripsi dari produk kita, tentang bagaimana cara kerja produk tersebut. Tidak perlu mahal, kemaslah video dan gambar itu semenarik mungkin, agar pesan yang ingin kita sampaikan jelas tertuju pada konsumen. kita mungkin bisa mengunakan camcoder untuk merekam video tersebut.
Penggunaan multimedia harus mengesankan bisnis yang kita jalankan menyenangkan, kita peduli terhadap karyawan, dan yang paling penting bahwa kita peduli tentang pelanggan kita.
Langkah 2. Sinergi Pemasaran Offline dan Online
Banyak bisnis kecil melakukan beberapa jenis pemasaran offline, apakah itu radio, ataupun melalui media cetak. Pemasaran melalui cara offline memungkinkan Kita untuk meraih pasar dalam komunitas ini, selain itu untuk meningkatkan kepercayaan dalam bisnis kita.
Untuk pemasaran online kita dapat memanfaatkan jasa Facebook, atau blog URL lain sebagai tempat berkumpulnya komunitas kita. Sinergi antara pemasaran offline dan online dapat membantu membangun komunitas kita. Memperkenalkan portfolio bisnis kita kepada pembeli potensial memungkinkan mereka dapat bergabung dalam komunitas kita, entah sekarang atau di kemudian hari.
Langkah 3. Ketahui Perbedaan Platform Pada Sosial Media
Sekarang sosial media sudah semakin canggih karena terdapat platform yang berbeda bagi masing-masing sosial media. Namun, pada umumnya sosial media, tetap menyampaikan pesan kita, tetapi sayangnya sosial media ini tidak dapat terikat untuk masing-masing situs karena perbedaan platform tersebut.
Masing-masing sosial media memiliki ciri khas sendiri. Apa yang mungkin diterima pada sosial media seperti Tumblr, mungkin akan dianggap spam di Facebook. Twitter memiliki gaya penulisan tertentu dan mungkin akan gagal apabila diaplikasikan di FriendFeed.
Kita perlu memahami perbedaan penulisan ini pada masing-masing situs, dan kemudian memastikan bahwa pesan kita tersampaikan kepada komunitas kita.
Selanjutnya, lebih bagus kita menyiapkan dua pesan yang berbeda bagi konsumen kita yang telah menjadi bagian dari komunitas bisnis kita baik itu di Twitter ataupun Facebook.
Langkah 4. Manfaatkan Jaringan Sosial di Daerah Anda
Bagi sebuah perusahaan kecil, berada pada sebuah pencarian lokal merupakan sebuah kemenangan besar. Pastikan situs kita berada dimasukkan kedalam direktori di daerah kita, hal ini untuk membantu konsumen potensial menemukan bisnis kita ketika mereka membutuhkannya.
Pertama, pastikan terlebih dahulu siapa pesaing kita. Dan dimana mereka terdaftar? Memeriksa link dari pesaing kita adalah untuk melihat direktori mereka. Dan pastikan bahwa bisnis kita telah dimasukkan ke dalam Google Maps, dengan menggunakan bantuan pusat bisnis lokal di Google.
Luangkan waktu untuk memasukkan semua informasi mengenai informasi perusahaan kita, dan perbarui berita-berita lama tentang perusahaan kita. Bagi banyak konsumen, ini akan menjadi interaksi pertama mereka dengam bisnis kita.
Langkah 5. Kontes dan Diskon
Membangun komunitas merupakan sebuah langkah pertama dalam memanfaatkan sosial media. Menggunakan komunitas untuk mengarahkan penjualan, menyebarkan pemasaran, dan memperkenalkan operasi perusahaan adalah salah satu kekuatan dari sosial media.
Salah satu cara untuk terus merangsang komunitas kita untuk tetap menggunakan produk kita adalah dengan mengadakan diskon atau kontes. Terkadang kontes dapat menciptakan kompetisi diantara pengguna. Misalnya mengadakan kontes bagi penulisan komen terbaik di website Kita.
Diskon juga merupakan cara yang bagus untuk berhubungan dengan komunitas Kita. Dengan memberikan diskon eksklusif, berarti kita memperhatikan komunitas Kita agar mereka tetap bertahan menggunakan produk kita.
Jadi kesimpulannya adalah memanfaatkan sosial media untuk kelangsungan hidup perusahaan kita bukanlah sebuah cara yang sulit. Memanfaatkan keuntungan strategi ini dapat membantu kita membangun komunitas, serta membuat pemasaran perusahaan kita menjadi lebih efektif
Contoh Social Network Business
Ø ApSense
ApSense adalah sebuah jaringan sosial bisnis di mana orang dibayar sekaligus berbagi tentang bisnis yang mereka geluti. Bayangkan sebuah tempat di mana kita memiliki semua tool yang kita butuhkan untuk mengembangkan bisnis kita dan dibayar ketika kita menggunakannya. Apsense memberikan kemudahan bagi usaha kita dengan cara membentuk jaringan, mengeksplorasi dan menciptakan konten bisnis yang berkualitas. Perkembangan jaringan baru dan pertukaran informasi yang terus berlangsung terjadi setiap hari di ApSense.
Cara kerja ApSense adalah sebagai berikut :
· Membuat Jaringan
Bangun jaringan sosial pribadi kita. Pertama luangkan waktu sebentar untuk melihat persentasi flash “How to build your network …”. Lalu Kita bisa mulai membangun jaringan sosial kita sendiri hanya dengan cara mengundang teman-teman kita ke APSense. Teman-teman yang Kita undang itu akan otomatis ditempatkan di jaringan Kita. Selain itu, ketika teman-teman Kita yang kita di jaringan Kita mengundang teman-teman mereka, maka mereka juga akan ditempatkan di jaringan Kita. Hal ini membangun sistem jaringan pribadi kita ini telah terbukti sebagai sesuatu yang sangat viral dan mudah sekali diduplikasikan.
Bangun kontak kita. Terdapat ribuan bahkan jutaan orang yang tergabung di APSense yang bisa dengan mudah kita temui dan terkoneksi dengan Kita. Ketika kita melihat seseorang yang ingin kita ajak terkoneksi, tinggal tambahkan saja pada contact list kita. Kita bisa mengirim kepada dan menerima pesan dari kontak-kontak kita kapan pun Kita mau.
Gabung ke dalam group-group minat. Dengan bergabung pada salah satu group merupakan cara yang luar biasa untuk terhubung satu sama lain dengan orang-orang yang memiliki minat sama. Cari grup yang ingin Kita gabungi, cari tahu para anggota grup tersebut dan berpartisipasilah dalam diskusi-diskusi kelompok baru setiap harinya!
· Mengeksplorasi
Jelajahilah blog-blog bisnis. Bisnis-bisnis penting yang berkitan dengan konten-konten ditambahkan setiap menitnya. diretory business blog terdiri atas kategori-kategori seperti bisnis bagaimana melakukan, berita-berita bisnis, tips-tips pemasaran, kisah-kisah sukses, marketing search engine, dan lain sebagainya. Telusuri, temukan, dan pelajari!
Telusuri business centers. APSense Business Centers adalah website-website bisnis yang diciptakan di APSense ini oleh para usernya. Kunjungi Business Center Directory untuk menelusuri bisnis-bisnis, produk-produk, jasa, dan peluang-peluang usaha paling populer dalam berbagai industri.
Selami diskusi-diskusi kelompok. Kunjungi group area untuk menyelami diskusi-diskusi yang berharga pada masalah-masalah bisnis yang paling populer saat ini. Diskusi-diskusi yang paling populer dengan mudah ditkitai karena diskusi-diskusi tersebut dicantumkan di awal-awal dalam hasil pencarian dan telusuri direktori-direktorinya.
· Menciptakan
Ciptakan blog bisnis Kita sendiri. Ciptakan blog-blog bisnis kita sendiri dan bagikan dengan komunitas APSense. Jika user menyukainya dan menjadi populer, maka konten-konten Kita akan dicantumkan di area hot contens misalnya di home page APSense, newsletters, dan direktor blogbisnis. Blog kita bisa berisikan apa saja mulai dari kisah-kisah sukses hingga bagaimana menjalankan bisnis.
Ciptakan website business center kita sendiri. Gunakan aplikasi web bisnis tingkat lanjut milikAPSense untuk menciptakan website bisnis yang sempurna dalam hitungan menit. Kita bisa memasukkan konten apa saja kaitannya dengan bisnis kita misalnya produk kita, jasa kita, testimonial, program-program afiliasi, sumber-sumber ataupun informasi-informasi lain yang berkaitan dengan bisnis kita.
Ciptakan diskusi-diskusi bisnis Kita sendiri. Bangun group kita sendiri ataujoin ke group yang sudah ada, kita bisa memuli diskusi dengan subjek group kita sendiri.
Ø AdSense
AdSense adalah program kerjasama periklanan melalui media Internet yang diselenggarakan oleh Google. Melalui program periklanan AdSense, pemilik situs web atau blogyang telah mendaftar dan disetujui keanggotaannya diperbolehkan memasang unit iklan yang bentuk dan materinya telah ditentukan oleh Google di halaman web mereka. Pemilik situs web atau blog akan mendapatkan pemasukan berupa pembagian keuntungan dari Google untuk setiap iklan yang diklik oleh pengunjung situs, yang dikenal sebagai sistempay per click (ppc) atau bayar per klik.
Selain menyediakan iklan-iklan dengan sistem bayar per klik, Google AdSense juga menyediakan AdSense untuk pencarian (AdSense for Search) dan iklan arahan (Referral). Pada AdSense untuk pencarian, pemilik situs web dapat memasang kotak pencarian Google di halaman web mereka. Pemilik situs akan mendapatkan pemasukan dari Google untuk setiap pencarian yang dilakukan pengunjung melalui kotak pencarian tersebut, yang berlanjut dengan klik pada iklan yang disertakan pada hasil pencarian. Pada iklan arahan, pemilik situs akan menerima pemasukan setelah klik pada iklan berlanjut dengan tindakan tertentu oleh pengunjung yang telah disepakati antara Google dengan pemasang iklan tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar